Kamis, 01 Desember 2011

Tips Menghemat Energi Laptop

     Seringkali kita kesal pada saat menggunakan laptop,yaitu ketika pekerjaan belum selesai,baterai laptop sudah habis.Kalo pada waktu pemakaian ada listrik maka kita bisa melanjutkan pekerjaan sambil mengisi ulang baterai.Tetapi kalau diluar ruangandan tak ada sumber listrik,hal ini yang akan menimbulkan masalah.
     Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat baterai laptop agar bisa tahan lama.Dibawah ini aku berikan beberapa tips diantaranya:

     1.Atur  pencahayaan dan kontras 
        Bagi orang yang awam menggunakan laptop,mungkin jarang memperhatikan pengaturan tampilan layar.Yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi bisa menghabiskan banyak energi.untuk itu anda harus mengatur pencahayaan dan kontrasnya.Sebaiknya seminimal mungkin asal layar masih enak dilihat.

     2.Mode sleep
          Jika ingin meninggalkan laptop kamu dalam waktu lama,lebih baik mengganti mode kondisi laptop kamu menjadi mode sleep.Atau kamu dapat melakukan manajemen power baterai lewat ControlPanel>Power Options.
     3.Matikan Hard Disk
         
Meskipun kita tidak sedang melakukan apapun pada laptop,tetapi data kamu akan selalu dibaca dari hard disk oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi.Karena alasan ini hard disk akan terus berputar dan tentu saja ini akan menguras energi baterai.Jika kamu akan meninggalkan laptop dalam waktu lama,sebaiknya matikan hard disk kamu.Settingnya bisa lewat Control Panel>Power Options.
     4.Mode Hibernate
         
Mode hibernate adalah fasilitas untuk melakukan shutdown,tapi tidak menutup atau mematikan aplikasiyang sedang dibuka.Hal ini dapat dilakukan dengan cara "Mode Hibernate".Dengan mode ini aplikasi atau file akan tetap tersimpan di memori RAM sewaktu laptop dinyalakan lagi.Cara melakukan mode ini melalui Control Panel>Power Options.
     5.Baterai laptop
         
Jika kamu mengisi ulang baterai laptop,pastikan prosesnya selesai.Karena proses pengisian yang dilakukan setengah setengah dan kemudian dilanjutkan kembali,akan menghabiskan banyak energi.Jika kamu ingin bepergian,sebaiknya bawa baterai tambahan.
     6.Port USB
         
Jika saat kamu menggunakan laptop dan saat itu anda memasukkan device ke salah satu port usb dilaptop,sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan.Karena peralatan yang masih tertancap di port usb juga dapat menghabiskan tenaga baterai laptop.Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakaianya dirasa sudah cukup.
     7.Power Management
         
Biasanya produsen laptop menyertakan software power management.Software ini sangat berguna bagi para pengguna karenamampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan.Jika ada fitur ini kamu harus memanfaatkannya untuk menghemat daya tahan baterai laptop kamu.

     Mungkin dengan sedikit tips ini bisa bermanfaat bagi kamu,terutama yang punya laptop boros energi...
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar